KONSEP DASAR BELAJAR
A. PengertianBelajar
Para ahlibanyak yang
mendefinisikantentangbelajar, diantaranyaadalah:
1.
MenurutSlametobelajaradalahsuatu proses
usaha yang dilakukanindividuuntukmemperolehsuatuperubahantingkahlaku yang
barusecarakeseluruhansebagaihasilpengalamanindividuitusendiridalaminteraksinyadenganlingkunganya.
2.
Menurut Skinner belajaradalahsuatu
proses adaptasi (penyesuaiantingkahlaku) yang berlangsungsecaraprogresif. ( a
process of progressive behavior adaptation ). Dan adaptasitersebutakanbisaberlangsungdenganmaksimaljikaiadiberipenguat
(reinforce).
3.
Chaplin (1972)membatasibelajardenganduamacamrumusan.Pertama;
belajaradalahperolehanperubahantingkahlaku yang relatifmenetapsebagaiakibatlatihandanpengalaman.Kedua;
belajaradalah proses memperolehrespon-responsebagaiakibatadanyalatihankhusus.
4.
Hintzman (1978),
belajaradalahsuatuperubahan yang terjadidalamdiriorganisme, manusiaatauhewan,
disebabkanolehpengalaman yang dapatmempengaruhitingkahlakuorganismetersebut.
B. HakikatBelajar
Dari sejumlahpengertianbelajar
yang telahdiuraikan, ada kata yang sangatpentinguntukdibahasyaitu “perubahan” (change).Apa
pun kata atauformasi yang
dirangkaiolehparaahliuntukmemberikanpengertiantetangbelajar, makaintinyatidak
lain adalahmasalah “perubahan” yang terjadidalamdiriindividu yang belajar.Olehkarenaitu,
seseorang yang
melakukanaktivitasbelajardandiakhiridariaktivitasnyaitutelahmemperolehperubahandalamdirinyadenganpemilikanpengalamanbaru,
makaindividuitudikatakantelahbelajar.Namunperubahan yang
dimaksuddisiniadalahperubahan yang
menyangkutaspekkejiwaandanmempengaruhitingkahlaku.Sedangkanperubahantingkahlakuakibatmabuk,
gila, dansebagainyabukanlahkatagoribelajar yang dimaksud.
C. Ciri-ciriBelajar
MenurutDjamaroh,
ciri-ciribelajarantara lain:
1.
Perubahan yang terjadisecarasadar,
artinyaindividutersebutmenyadariperubahanituatausekurang-kurangnyaiamerasakantelahterjadiadanyaperubahandalamdirinya.
Misalnyamenyadaripengetahuanyaataukecakapanyabertambah.
2.
Perubahandalambelajrbersifatfungsional,
artinayperubahanituberlangsungsecaraterusmenerusdantidakstatis,
karenaperubahantersebutakanmenyebabkandanberpengaruhterhadapperubahanberikutnya.
Perubahandalambelajarbersifatposifitdanaktif.
Positifmaksudnya; perubahanituselalubertambahdantertujuuntukmemperolehsuatu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar