Kamis, 05 Juli 2012

konsep dasar belajar

KONSEP DASAR BELAJAR

A.      PengertianBelajar
Para ahlibanyak yang mendefinisikantentangbelajar, diantaranyaadalah:
1.         MenurutSlametobelajaradalahsuatu proses usaha yang dilakukanindividuuntukmemperolehsuatuperubahantingkahlaku yang barusecarakeseluruhansebagaihasilpengalamanindividuitusendiridalaminteraksinyadenganlingkunganya.
2.         Menurut Skinner belajaradalahsuatu proses adaptasi (penyesuaiantingkahlaku) yang berlangsungsecaraprogresif. ( a process of progressive behavior adaptation ). Dan adaptasitersebutakanbisaberlangsungdenganmaksimaljikaiadiberipenguat (reinforce).
3.         Chaplin (1972)membatasibelajardenganduamacamrumusan.Pertama; belajaradalahperolehanperubahantingkahlaku yang relatifmenetapsebagaiakibatlatihandanpengalaman.Kedua; belajaradalah proses memperolehrespon-responsebagaiakibatadanyalatihankhusus.
4.         Hintzman (1978), belajaradalahsuatuperubahan yang terjadidalamdiriorganisme, manusiaatauhewan, disebabkanolehpengalaman yang dapatmempengaruhitingkahlakuorganismetersebut.

B.       HakikatBelajar
Dari sejumlahpengertianbelajar yang telahdiuraikan, ada kata yang sangatpentinguntukdibahasyaitu “perubahan” (change).Apa pun kata atauformasi yang dirangkaiolehparaahliuntukmemberikanpengertiantetangbelajar, makaintinyatidak lain adalahmasalah “perubahan” yang terjadidalamdiriindividu yang belajar.Olehkarenaitu, seseorang yang melakukanaktivitasbelajardandiakhiridariaktivitasnyaitutelahmemperolehperubahandalamdirinyadenganpemilikanpengalamanbaru, makaindividuitudikatakantelahbelajar.Namunperubahan yang dimaksuddisiniadalahperubahan yang menyangkutaspekkejiwaandanmempengaruhitingkahlaku.Sedangkanperubahantingkahlakuakibatmabuk, gila, dansebagainyabukanlahkatagoribelajar yang dimaksud.

C.       Ciri-ciriBelajar
MenurutDjamaroh, ciri-ciribelajarantara lain:
1.         Perubahan yang terjadisecarasadar, artinyaindividutersebutmenyadariperubahanituatausekurang-kurangnyaiamerasakantelahterjadiadanyaperubahandalamdirinya. Misalnyamenyadaripengetahuanyaataukecakapanyabertambah.
2.         Perubahandalambelajrbersifatfungsional, artinayperubahanituberlangsungsecaraterusmenerusdantidakstatis, karenaperubahantersebutakanmenyebabkandanberpengaruhterhadapperubahanberikutnya.
Perubahandalambelajarbersifatposifitdanaktif. Positifmaksudnya; perubahanituselalubertambahdantertujuuntukmemperolehsuatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar